##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yoyok Setiawan

Abstract

Penggunaan teknologi Virtual reality (VR) dalam pelatihan kerja karyawan telah berkembang pesat dan memberikan dampak positif pada pengembangan keterampilan serta efisiensi operasional perusahaan. Teknologi VR memungkinkan simulasi lingkungan kerja yang realistis, memungkinkan karyawan untuk berlatih dalam situasi yang aman tanpa risiko cedera atau kesalahan fatal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi dan menganalisis studi-studi terdahulu terkait penerapan VR dalam pelatihan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VR dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui pengalaman imersif yang mendalam, memperkuat kompetensi praktis, dan mengurangi waktu serta biaya pelatihan. Selain itu, VR mendukung pengembangan keterampilan problem-solving dan adaptabilitas karyawan terhadap teknologi digital. Meski demikian, tantangan dalam penerapan VR, seperti biaya tinggi dan kendala adaptasi pengguna, masih perlu diatasi agar implementasi VR lebih optimal. Dengan demikian, VR memiliki potensi besar untuk mendukung tujuan perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Setiawan, Y. (2024). Pemanfaatan Teknologi VR (Virtual Reality) untuk Pelatihan Karyawan: Dampaknya pada Keterampilan dan Efisiensi Operasional. ProBisnis : Jurnal Manajemen, 15(5), 746–750. Retrieved from http://ejournal.joninstitute.org/index.php/ProBisnis/article/view/697
References
Aini, N. N., Azizah, M., Bekti, R. S., & Thohir, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2), 267. https://doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8611
Auri Pramesti, A., Sopiya, N., & Panigor Sitompul, R. (2022). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(2).
Efendi, Y., Muzawi, R., Rio, U., & Lusiana, L. (2021). Aplikasi 3D VR Class Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Ditengah Pandemik. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 419–424. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.304
Gao, X., Zhou, P., Xiao, Q., Peng, L., & Zhang, M. (2023). Research on the Effectiveness of Virtual reality Technology for Locomotive Crew Driving and Emergency Skills Training. Applied Sciences (Switzerland), 13(22). https://doi.org/10.3390/app132212452
Hartini, S., Anglelyn, C., & Sukaris, S. (2020a). Virtual reality: aplikasi teknologi untuk peningkatan kunjungan wisatawan. Journal of Business and Banking, 9(2), 215. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2014
Hartini, S., Anglelyn, C., & Sukaris, S. (2020b). Virtual reality: aplikasi teknologi untuk peningkatan kunjungan wisatawan. Journal of Business and Banking, 9(2), 215. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2014
Haryati, R. A. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Hendrayana, D., Rahmah, N. A., & Ariatama, A. (n.d.). 71 Studi Literatur: Penggunaan Virtual reality sebagai Media Pembelajaran dan Uji Kompetensi untuk Industri Perfilman. https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2i.158
Hendri, N., & Anugrah, S. (n.d.). E-Tech Konsep dan Implementasi Simulasi Virtual reality sebagai Solusi Digital bagi Pendidik dalam Pembelajaran A. Pendahuluan. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Holuša, V., Vaněk, M., Beneš, F., Švub, J., & Staša, P. (2023). Virtual reality as a Tool for Sustainable Training and Education of Employees in Industrial Enterprises. Sustainability (Switzerland), 15(17). https://doi.org/10.3390/su151712886
Hovanec, M., Korba, P., Vencel, M., & Al-Rabeei, S. (2023). Simulating a Digital Factory and Improving Production Efficiency by Using Virtual reality Technology. Applied Sciences (Switzerland), 13(8). https://doi.org/10.3390/app13085118
Kamińska, D., Sapiński, T., Wiak, S., Tikk, T., Haamer, R. E., Avots, E., Helmi, A., Ozcinar, C., & Anbarjafari, G. (2019). Virtual reality and its applications in education: Survey. Information (Switzerland), 10(10). https://doi.org/10.3390/info10100318
Khaqiqi, S., & Alfansi, L. (2022). Penerimaan Teknologi Virtual reality Uuntuk Virtual Tourism Di Indonesia Dengan Metode Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). 5(1). https://doi.org/10.17509/ji
Liu, X. W., Li, C. Y., Dang, S., Wang, W., Qu, J., Chen, T., & Wang, Q. L. (2022). Research on Training Effectiveness of Professional Maintenance Personnel Based on Virtual reality and Augmented Reality Technology. Sustainability (Switzerland), 14(21). https://doi.org/10.3390/su142114351
Maulani, Z. N., Aryanti, K., Lestari, N. A. P., Silitonga, P. G., Cahyaningsih, R. B., Sunari, T. B., & Pradana, A. A. (2021). Efektivitas Virtual reality (VR) dalam Peningkatan Kualitas Hidup Lansia. Jurnal Kesehatan Holistic, 5(2), 63–74. https://doi.org/10.33377/jkh.v5i2.103
Munir, M. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. http://penerbitzaini.com
Rachman, A. N., Adi, M., Anshary, K., & Hakim, I. N. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) PADA APLIKASI 3D BANGUNAN PERUSAHAAN (Vol. 5, Issue 2).
Setyawan, M. D., El Hakim, L., & Aziz, T. A. (2023). Kajian Peran Virtual reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122–131. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i02.1592
Shringi, A., Arashpour, M., Golafshani, E. M., Dwyer, T., & Kalutara, P. (2023). Enhancing Safety Training Performance Using Extended Reality: A Hybrid Delphi–AHP Multi-Attribute Analysis in a Type-2 Fuzzy Environment. Buildings, 13(3). https://doi.org/10.3390/buildings13030625
Wulandari, T. D., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (n.d.). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPA BERBANTUAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP DI ABAD 21: REVIEW ARTIKEL.