##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Supriyanto Supriyanto
RI Nugraha
Sigit Sugiharto

Abstract

Pemeriksaan pasien pada fasilitas kesehatan melalui diagnosa awal dengan pemeriksaan suhu tubuh kemudian tekanan darah dan dilanjutkan dengan pemeriksaan diaqnosa lainnya. Pemeriksaan awal ini membutuhkan beberapa alat untuk mengujinya untuk suhu tubuh menggunakan termometer, pemeriksa tekanan darah menggunakan alat tensimeter. Pemeriksaan ini berganti dengan peralatan yang lainya untuk diaqnosa yang lain juga sehingga membutuhkan waktu. Tujuan peneliti akan membuat alat pendeteksi tekanan darah dengan deteksi suhu tubuh manusia dalam satu alat sehingga terwujud efisiensi waktu tenaga kesehatan. Resiko tekanan darah tinggi menyebabkan beberapa penyakit yang sangat mematikan, diataranya stroke yang akan membuat orang tidak dapat mefungsikan bagian tubuhnya dengan baik bahkan terjadi kelumpuhan permanen serta beberapa penyakit yang lainya. Suhu tubuh merupakan indikasi dan peringatan dari tubuh manusia bahwa ada beberapa ketidak normalan yang ada dalam tubuh yang mengakibatkan fatal bila terlambat untuk mendapatkaan penanganan secara medis. Memanfaatkan mikrokontroler atmega 2560 untuk mengitung tekanan darah dan suhu badan. Sensor MPX digunakan untuk mengukur tekanan, satuan awal sensor ini menggukan psi dapat bekerja dari 101.53  sampai dengan 406.11 PSI, kemudian dikonversi dengan satuan mmhg sesuai dengan pemakaian di Indonesia. Sensor suhu menggunakan DS18B20 mempunyai rentang pengukuran suhu dari -55° C to +125° C  dengan tingkat akurai yang tinggi. Hasil proses tekanan dari satuan PSI di konversikan ke mmhg dengan rumus 1 mmHg  =  nilai psi x 51.7149. Hasil penelitian ini bisa dibuat untuk pembaharuan matakuliah dan membatu penanganan dalam diaknosa awal pada pusat layanan kepada masyarakat atau posyandu..

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Supriyanto, S., Nugraha, R., & Sugiharto, S. (2024). Alat Pengukur Tekanan Darah Disertai Pengukur Suhu Tubuh . ProBisnis : Jurnal Manajemen, 15(4), 635–642. Retrieved from http://ejournal.joninstitute.org/index.php/ProBisnis/article/view/672
References
R. H. S. T. A. S. L. S. S. Negeri Atika Yanti D, "Hubungan Obesitas dengan Kejadian Hipertensi pada Petani di Wilayah Kerja Puskesmas Panti Kabupaten Jember," Jurnal Citra Keperawatan, vol. 8, 2020.
Y. A. J. K. K. K. B. Dwi Satoto B, "MONITORING KESEHATAN MENGGUNAKAN COMPILER ARDUINO & MODUL WIFI-ESP8266 UNTUK KOMUNITAS PASIEN HIPERTENSI.," Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya., Madura, 2017.
H. A. P. S. Abdurrahman R, "NILAI SENSITIVITAS, SPESIFISITAS, POSITIVE PREDICTIVE VALUE DAN NEGATIVE PREDICTIVE VALUE SPHYGMOMANOMETER DIGITAL PADA SKRINING HIPERTENSI.," Jurnal Kedokteran, vol. 9, 2021.
W. Widiharti W widiyawati, "Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tekanan Darah pada Masa Pandemi Covid-19," Jurnal Ilmu Kesehatan , 2020.
H. A. Yazid N, "Pemantau Tekanan Darah Digital Berbasis Sensor Tekanan MPX2050GP," IJEIS, 2011.
R. A. I. V. E. K. E. R. G. J. T. T. D. P. H. Kristiana Prasetia Handayani, JURNAL PENELITIAN KEPERAWATAN, 2020.
S. Dirta DT, "Rancang Bangun Sistem Transmisi Data Tekanan Darah Untuk Mendukung Human Health Monitoring Berbasis Pada Mobile Platform Android.," Jurnal Teknik POMITS, p. 2, 2013.
T. E. Upoyo AS, "PENGARUH AUDIOHIPNOTERAPI TERHADAP TEKANAN DARAH PASIEN HIPERTENSI PRIMER," in PROSIDING SEMNAS LPPM UNSOED, 2020.
K. A. Kurniawati V, "Analisis Pengetahuan Masyarakat Tentang Resiko Bahaya Hipertensi," JURNAL ILMIAH CEREBRAL MEDIKA, p. 2, 2020.
E. L. MS, "Meningkatkan Kesehatan Lansia Dengan Terapi Infrared Dan Pengecekan Tensi Ranting Aisiyah Prenggan," in PROSIDING SEMNASPPM 2020: Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19, 2020.
A. J. T. M. Zuhdi M, "Keunggulan Pengukuran Tekanan Darah Menggunakan Tensimeter Digital Dibandingkan dengan Tensimeter Pegas," Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2020.
S. YB, "PENGUKUR TEKANAN DARAH (TENSIMETER) DIGITAL BERBASIS MIKRO ATMEGA8535," YOGYAKARTA, 2010 .
T. SDP, "TENSIMETER DIGITAL BERBASIS ARDUINO DENGAN TRANSFER DATA BERBASIS ANDROID MELALUI BLUETOOTH," 2017.
B. S. N. Kandou FM, "Rancang Bangun Alat Ukur Tekanan Darah Manusia Menggunakan Sensor 2SMPP Yang Dapat Menyimpan Data," E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 2014.
S. Y. M. RRYBB, "HUBUNGAN TEKANAN DARAH SISTOLIK DENGAN KUALITAS TIDUR PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS BAHU MANADO," E-Jurnal Keperawatan, 2014.
A. N. R. M. R. A. Fatonah B, "Perancangan dan Realisasi Tensimeter Digital Pada Lingkar Jari Tangan Menggunakan Metode Osilometri (Design and Realization Digital Blood Pressure on Finger Using Oscillometrics Method )," in e-Procee.
R. R. B. B. Sarah Youna Moniung, "HUBUNGAN TEKANAN DARAH SISTOLIK DENGAN KUALITAS TIDUR PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS BAHU MANADO," E-jurnal Keperawatan, vol. 2, 2014.
A. Afdhol, PERANCANGAN TENSIMETER DIGITAL DENGAN OUTPUT SUARA BERBASIS ATMEGA 328P, Yogyaarta: UMY, 202.
S. D. P. a. ,. R. N. R. S. TANJUNG, Tensimeter Digital Berbasis Arduino Dengan Transfer Data Berbasis Android Melalui Bluetooth., Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
M. S. A. A. Alamsyah Zakaria, "Sistem Monitoring Tekanan Darah Berbasis Wireless," Jurnal Teknologi Informasi (TechnoCom), vol. 18, 2019.