##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Eminus Murib
Petrus Sondegau
Lintang Widya Lestari
Habel Taime

Abstract

Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, memiliki potensi ekonomi yang besar, namun terhambat oleh infrastruktur yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembangunan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Puncak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan data dari tahun 2010 hingga 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur, yang diukur dengan variabel panjang jalan, jumlah jembatan, dan jumlah menara telekomunikasi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Puncak. Peningkatan panjang jalan sebesar 1kilometer dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,2 persen. Penambahan satu jembatan baru dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,3 persen. Sedangkan, penambahan satu Menara telekomunikasi baru dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,4 persen. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Puncak. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur di wilayah ini.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Murib, E., Sondegau, P., Lestari, L. W., & Taime, H. (2024). Analisis Pengaruh Pembangunan Infrasturuktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Puncak Provinsi Papua Tengah. ProBisnis : Jurnal Manajemen, 15(4), 604–612. Retrieved from http://ejournal.joninstitute.org/index.php/ProBisnis/article/view/588
References
Adi, F. (2022). Infrastruktur Kesehatan dan Lingkungan: Pengaruhnya terhadap Kualitas Hidup. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Indeks Pembangunan Manusia 2022. Jakarta: BPS.
Afrianto, R., & Saputra, A. (2022). Pengaruh Infrastruktur Kesehatan dan Lingkungan terhadap Kualitas Hidup di Kota Jakarta. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(1), 1-10.
Fadli, F., & Astuti, R. (2022). Pengaruh Infrastruktur Kesehatan dan Lingkungan terhadap Kualitas Hidup di Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 1-10.
Setiawan, A., & Arief, M. (2022). Pengaruh Infrastruktur Kesehatan dan Lingkungan terhadap Kualitas Hidup di Kota Surabaya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1-10.
Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika. (2022). Data Infrastruktur Kesehatan Kota Timika. Mimika: Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika. (2022). Data Infrastruktur Lingkungan Kota Timika. Mimika: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika.